PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PEGADAIAN CABANG PEGADAIAN PASAR KORDON BANDUNG

  • Tati Sumarti
  • Fajar Rahardian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fungsi kepemimpinan, disiplin kerja dan pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. Pegadaian Cabang Pasar Kordon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan media pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi kepemimpinan berada pada kategori baik, disiplin kerja berada pada kategori cukup baik, pelatihan pada kategori cukup baik dan kinerja berada pada kategori cukup baik. Pengaruh langsung fungsi kepemimpinan sebesar 26,4%, pengaruh tidak langsung melalui disiplin kerja terhadap kinerja sebesar 3,5%, pengaruh tidak langsung melalui pelatihan terhadap kinerja sebesar 11,7%. Pengaruh langsung disiplin kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 9,8%, pengaruh tidak langsung melalui kepemimpinan terhadap kinerja sebesar 3,5%, pengaruh tidak langsung melalui pelatihan terhadap kinerja karyawan sebesar 7,8%. Pengaruh langsung pelatihan terhadap kinerja sebesar 9,5%, pengaruh tidak langsung melalui kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sebesar 11,7%, pengaruh tidak langsung melalui disiplin kerja sebesar 7,8%. Pengaruh secara simultan fungsi kepemimpinan, disiplin kerja dan pelatihan terhadap kinerja karyawan sebesar 91,7% sisanya sebesar 8,3% ditentukan oleh variabel lain.  
 
Kata kunci: fungsi kepemimpinan, disiplin kerja, pelatihan, kinerja karyawan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 29, 2019
How to Cite
SUMARTI, Tati; RAHARDIAN, Fajar. PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. PEGADAIAN CABANG PEGADAIAN PASAR KORDON BANDUNG. Jurnal TEDC, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 268-277, aug. 2019. ISSN 2776-723X. Available at: <http://poltektedc.ac.id/ejournal/index.php/tedc/article/view/160>. Date accessed: 30 nov. 2021.
Section
Articles